DASAR HUKUM :
UNDANG – UNDANG
1)
UNDANG-UNDANG NO. 26
TAHUN 2007, “ TATA RUANG “
2)
UNDANG-UNDANG NO. 1
TAHUN 2009, “ PENERBANGAN”
PERATURAN PEMERINTAH
1)
PP NO. 3 TAHUN 2001,”
KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENERBANGAN”
2)
PP NO. 70 TAHUN 2001, “ KEBANDARAUDARAAN”
3)
KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN
NO. KM 11 TAHUN 2010, “ TATANAN KEBANDARUDARAAN NASIONAL”
4)
KEPUTUSAN MENTERI
PERHUBUNGAN NO. KM 22 TAHUN 2002,” PERATURAN KESELAMATAN PENERBANGAN SIPIL
(CASR)”
5)
KEPUTUSAN MENTERI
PERHUBUNGAN NO. KM 47 TAHUN 2002, “ SERTIFIKASI OPERASI BANDAR UDARA”
6)
KEPUTUSAN MENTERI
PERHUBUNGAN NO. KM 48 TAHUN 2002, “ PENYELENGGARAAN BANDAR UDARA”
7)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/120/VI/2002,” PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBUATAN RENCANA
INDUK BANDAR UDARA”
8)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/161/IX/2003,” PETUNJUK PELAKSANAAN PERENCANAAN
LANDAS PACU, TAXIWAY, APRON PADA BANDAR UDARA”
9)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/113/VI/2002,” KRITERIA PENEMPATAN FASILITAS
ELEKTRONIKA DAN LISTRIK PENERBANGAN”
10)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/114/VI/2002,” GAMBARAN INSTALASI SISTEM PENERBANGAN
BANDAR UDARA (AIRFIELD LIGHTING SYSTEM)”
11)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/347/VI/1999,” STANDAR RANCANG BANGUN DAN/REKAYASA
FASILITAS DAN PERALATAN BANDAR UDARA”
12)
KEPUTUSAN DIRJEN
PERHUBUNGAN UDARA NO. SKEP/79/VI/2005,”PETUNJUK TEKNIS PENGOPERASIAN DAN
PEMELIHARAAN PERALATAN FASILITAS SISI UDARA DAN SISI DARAT BANDAR UDARA”
INTERNATIONAL STANDAR
1)
TECHNICAL STANDARD
PLANNING OF AIRPORT [RELEASED] BY ICAO ( INTERNATIONAL CIVIL AVIATION
ORGANIZATION) COVERING ANNEX 1 TO 18, LAST EDITION ALONG WITH THE MANUAL OF
WHICH COMPOSE FROM :
AERODROME DESIGN MANUAL (DOC 9157),
CONSIST OF :
PART 1 – RUNWAYS
PART 2 – TAXIWAYS, APRONS AND
HOLDING BAYS
PART 3 – PAVEMENTS
PART 4 – VISUAL AIDS
PART 5 – ELECTRICAL SYSTEMS
PART 6 – FRANGIBILITY
AIRPORT PLANNING MANUAL (DOC 9184),
CONSIST OF :
PART 1 – MASTER PLANNING
PART 2 – LAND USE AND ENVIRONMENT
CONTROL
PART 3 – GUIDELINES FOR
CONSULTANT/CONSTRUCTION SERVICES
AIRPORT SERVICES MANUAL (DOC 9137),
CONSIST OF :
PART 1 – RESCUE AND FIRE FIGHTING
PART 2 – PAVEMENT SURFACE CONDITIONS
PART 3 – BIRD CONTROL AND REDUCTION
PART 5 – REMOVAL OF DISABLED
AIRCRAFT
PART
6 – CONTROL OF OBSTACLES
PART
7 – AIRPORT EMERGENCY PLANNING
PART
8 – AIRPORT OPERATIONAL SERVICES
PART
9 – AIRPORT MAINTENANCE PRACTICES
2) FAA
ADVISORY CIRCULAR NUMBER 150 / 5320-6C, " AIRPORT PAVEMENT DESIGN
EVALUATION AND
3) FAA ADVISORY CIRCULAR NUMBER 150 /
5320-5B, " AIRPORT DRAINAGE
4) STANDARD
OF CRITICAL AIRCRAFT DESIGN [RELEASED] BY MANUFACTURER PLANE
5) AMERICAN STANDARD OF TESTING MATERIAL (
ASTM )
6) ASHTO AND RELEVANT OTHER STANDARD WITH
WORK TYPE.
PENETAPAN LOKASI BANDAR UDARA
1)
Lokasi Bandar Udara di tetapkan oleh Menteri
2)
Penetapan Lokasi Bandar Udara :
a)
Rencana Induk Nasional
b)
Keselamatan dan Keamanan Penerbangan
c)
Keserasian dan Keseimbangan dengan budaya setempat dan kegiatan lain di
lokasi bandar udara
d)
Kelayakan ekonomi, finansial, sosial, pengembangan wilayah, teknis
pembangunan dan pengeoperasian
e)
Kelayakan Lingkungan
3)
Kebutuhan dan Pemanfaatan Lahan
4)
Daerah Lingkungan Kerja Bandar Udara
5)
Deerah Lingkungan Kepentingan
6)
Kawasan Keselematan Operasi Penerbangan
7)
Batas Kawasan Kebisingan
EVALUASI KELAYAKAN
PENETAPAN LOKASI BANDAR UDARA
1
|
Kelayakan Ekonomi
|
a. Net Present Value
(NPV)
|
|
b. Economic Internal
Rate of Return (EIRR)
|
|
c. Benefit Cost
Ratio (BCR)
|
|
d. Payback Period
|
|
Analsis Finansial
|
|
a. Net Present Value
(NPV)
|
|
b. Finansial Internal
Rate of Return (FIRR)
|
|
c. Probility Index
(PI)
|
|
d. Payback Period
|
|
2
|
Kelayakan Teknis
|
a. Daya Dukung Tanah
|
|
b. Kondisi Permukaan
Tanah
|
|
c. Kelandaian
rata-rata permukaan tanah
|
|
d. Jarak Dari Pusat
Kota
|
|
e. Infrastruktur dan
Jaringan Utilitas
|
|
3
|
Kelayakan
Operasional
|
a. Kondisi Ruang
Udara
|
|
b. Usability Factor
|
|
c. Ceiling (
ketinggian awan / atau berawan di lokasi )
|
|
d. Visibility (jarak
pandang / berkabut di lokasi tsb)
|
|
e. Jarak terhadap
bandar udara terdekat
|
|
4
|
Aspek Lingkungan
|
a. Peruntukan Lahan
|
|
b. Kesusian dengan
RUTRW
|
|
c. Penguasaan Lahan
|
|
d. Relokasi Penduduk
|
|
e. Aliran Air
Permukaan
|
|
5
|
Aspek Usaha Angkutan
udara
|
a. Potensi Penumpang
|
|
b. Potensi Rute Penerbangan
|
SYARAT ADMINISTRASI UNTUK PENETAPAN LOKASI
1)
Surat Permohonan Penetapan Lokasi dari Bupati/ Walikota
2)
Buku Laporan Akhir Hasil Studi Kelayakan
3)
Surat Rekomendasi Gubernur
4)
Surat Rekomendasi Bupati/ Walikota
5)
Surat Penegasan Rencana Pembiaya
RENCANA INDUK BANDAR UDARA
Rencana Induk Berdasarkan UU no. 1 tahun 2009 Penerbangan
•
Rencana Induk Bandar Udara di tetapkan oleh Menteri
•
Rencana Induk Nasional
•
Rencana Induk Bandar Udara :
a) Prakiraan permintaan kebutuhan pelayanan penumpang dan kargo
b) Kebutuhan fasilitas
c) Tata letak fasilitas
d) Tahapan pelaksanaan pengembangan
e) Kebutuhan dan Pemanfaatan lahan
f) Daerah Lingkungan Kerja
g) Daerah Lingkungan Kepentingan
h) Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan
i) Batas Kawasan Kebisingan
a) Prakiraan permintaan kebutuhan pelayanan penumpang dan kargo
b) Kebutuhan fasilitas
c) Tata letak fasilitas
d) Tahapan pelaksanaan pengembangan
e) Kebutuhan dan Pemanfaatan lahan
f) Daerah Lingkungan Kerja
g) Daerah Lingkungan Kepentingan
h) Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan
i) Batas Kawasan Kebisingan
PARAMETER TEKNIS
RENCANA INDUK BANDAR UDARA
1
|
Analisis Pergerakan
/ Kebutuhan Jasa Angkutan Udara
|
a. Pergerakan
penumpang tahunan dan jam sibuk
|
|
b. Pergerakan kargo
dan pos tahunan dan jam sibuk
|
|
c. Pergerakan
pesawat tahunan dan jam sibuk
|
|
d. Jaringan / rute
penerbangan masa datang
|
|
e. Pengoperasian
jenis / tipe pesawat yang datang
|
|
f. Pergerakan
pekerja, pengunjung, pengantar
|
|
Analisis Ekonomi
|
|
g. Pembandingan
dikembangkan atau tidak
|
|
h. Manfaat apabila
Bandar Udara dikembangkan
|
|
i. Manfaat yang
hilang bila tidak dikembangkan
|
|
j. Net Present Value
(NPV)
|
|
k. Economic Internal
Rate of Return (EIRR)
|
|
l. Benefit Cost
Ratio (BCR)
|
|
m. Payback Period
|
|
Analsis Finansial
|
|
n. Net Present Value
(NPV)
|
|
o. Finansial
Internal Rate of Return (FIRR)
|
|
p. Probility Index
(PI)
|
|
q. Payback Period
|
|
2
|
Analsis Kapasitas /
Kebutuhan Fas. Bandar Udara
|
a. Kapasitas /
Kebutuhan fas. sisi udara
|
|
b. Kapasitas /
Kebutuhan fas. sisi darat
|
|
c. Kapasitas /
Kebutuhan fas. navigasi penerbangan
|
|
d. Kapasitas /
Kebutuhan fas. alat bantu pendaratan
|
|
e. Kapasitas /
Kebutuhan fas. komunikasi penerbangan
|
|
f. Kapasitas /
Kebutuhan fas. penunjang bandar udara
|
|
g. Kapasitas /
Kebutuhan jalan masuk
|
|
3
|
Analisis Tata Letak
dan Tata Guna Lahan
|
a. Konfigurasi
bandar udara
|
|
b. Tata letak
fasilitas bandar udara
|
|
c. Penggunaan lahan
bandar udara
|
|
d. Rencana dan
tahapan pembangunan
|
|
Analisis Lokasi
(Site)
|
|
e. Pengembangan pada
areal di sekitar bandar udara
|
|
f. Kondisi
atmosferik (data lingkungan berupa hidrologi)
|
|
g. Aksesbilitas
dengan moda angkutan lain
|
|
h. Kondisi topografi
|
|
i. Data dukung tanah
|
|
j. Indentifikasi
dampak lingkungan
|
ASPEK KELAYAKAN RENCANA INDUK BANDAR UDARA
1
|
Tahapan Pelaksanaan
Pembangunan
|
a. Kesesuaian
tahapan fasilitas dan kebutuhan
|
|
b. Keserasian sesuai
tahapan dan operasional bandara
|
|
2
|
Kebutuhan dan
Pemanfaatan Lahan
|
a. Ketersediaan
lahan sesuai kebutuhan ultimite
|
|
b. Ketersediaan
lahan sesuai pentahapan
|
|
3
|
Daerah Lingkungan
Kerja
|
a. Batas area
dikuasai untuk pembangunan
|
|
b. Batas area
dikuasai untuk pengembangan
|
|
c. Batas area
dikuasai untuk operasi
|
|
4
|
Daerah Lingkungan
Kepentingan
|
a. Area diluar DLKR
untuk keselamatan / keamanan
|
|
b. Area diluar DLKR
untuk kelancaran aksesbilitas
|
|
5
|
Kawasan Keselamatan
Operasi Penerbangan
|
a. Standar prosedur
pendaratan dan lepas landas
|
|
b. Persyaratan ruang
udara (identifikasi KKOP)
|
|
c. Pelayanan lalu
lintas udara (ATS)
|
|
d. Peralatan
navigasi yang akan digunakan
|
|
e. Sesuai
klasifikasi KKOP (klasifikasi RW)
|
|
f. Akurasi referensi ACS dan AES
|
|
g. Akurasi tititk
koordinat batas kawasan
|
|
h. Akurasi batas /
jarak horisontal
|
|
i. Akurasi batas / jarak vertikal
|
|
6
|
Batas Kawasan
Kebisingan
|
a. Perhitungan
kebisingan dengan indeks WECPNL
|
|
b. Metode pengukuran
dengan Noise Monitoring System
|
|
c. Penentuan Kawasan
Kebisingan tingkat 1, 2, dan 3
|
SYARAT ADMINISTRASI UNTUK RENCANA INDUK
1)
Rencana Induk Bandar Udara di tetapkan oleh Menteri
2)
Dokumen Rencana Induk Bandar Udara :
a)
Laporan Akhir
b)
Album Gambar Rencana Induk
c)
Laporan Topografi
d)
Laporan Penyelidikan Tanah
e)
Executif Summary
3)
Rekomendasi Gubernur
4)
Rekomendasi Bupati/ Walikota
PROSEDUR PENGEMBANGAN
FLOWCHART DED AIR SIDE
FLOWCHART DED LAND SIDE